Ajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini

12 February 2016 | by Administrator

Ajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini


Tidak pernah terlalu dini untuk mengajarkan anak tentang uang dan cara mengelola keuangan dengan baik. Terutama ketika anak telah menginjak usia sekolah dasar, usia ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengelola keuangannya, sebab anak-anak belajar tentang pengurangan, penambahan, serta konsep matematika lainnya terhadap uang jajan yang diberikan.

Nah, tips berikut ini akan membantu anda untuk mengajarkan si kecil bagaimana mengelola keuangannya sejak dini.

1. Biasakan Anak Untuk Menabung

Anda bisa mulai mengajarkan anak anda menaruh sisa uang jajanya pada sebuah celengan, atau ketika usia anak sudah mulai bertambah, anda bisa memperkenalkan mereka pada rekening tabungan.

2. Ajarkan Anak Untuk Menyumbang

ajarkan anak untuk berbagi dengan sesama dan berikan penjelasan bahwa tidak semua orang memiliki nasib yang serupa. Dengan begini, anak akan mulai menyadari betapa pentingnya berbagi dengan sesama terutama mereka yang lebih membutuhkan.

3. Berikan Uang Saku

Dengan diberikan uang saku, anak-anak akan menyadari bahwa semua orang memiliki jumlah uang yang terbatas, sehingga dengan begini mereka akan lebih berhati-hati menggunakan uang sakunya.

4. Ajak Anak Saat Berbelanja

ajaklah anak ketika anda pergi berbelanja, dengan begini anak akan menyaksikan sendiri bagaimana cara berinteraksi antara penjual dan pembeli. Kemudian, ketika membayar, berikan sedikit penjelasan pada anak mengapa anda membayar sejumlah rupiah untuk membayar sayuran yang anda beli.

5. Perkenalkan Konsep Uang

Berikan segala informasi tentang uang yang ingin diketahui anak. Mengenal keungan juga dapat dijadikan sebagai media berhitung agar sikecil menjadi lebih cerdas.