Ayo Menari Biar Berani!

26 August 2016 | by Administrator

                Sebagai ibu Anda pasti memiliki banyak kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama si buah hati, mulai dari mengajaknya berkebun, menyiram tanaman, membuat kue bersama, hingga menonton film kesukaannya. Selain itu, mengajaknya menari bersama pun menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama si kecil. Dapat diiringi dengan lagu yang enerjik atau lagu kesukaannya.

                Selain dapat dijadikan ajang untuk olahraga, menari juga ternyata dapat membantu melatih si kecil yang memiliki sifat pemalu agar lebih menjadi anak yang aktif lho Bunda. Studi menyebutkan bahwa anak yang gemar menari bersama lebih mudah cair dalam mengenal dan berteman satu sama lain. Peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang menari dengan alunan musik, membuat anak semakin mudah untuk berteman dan cepat akrab dengan anak-anak lain yang ikutan menari.

            Untuk menguji secara mendetil, peneliti dari Oxford University membagi 100 anak usia tujuh hingga 12 tahun dalam dua kelompok yang tercampur, anak lelaki dan anak wanita. Kelompok pertama diberikan headphone dan diminta menari dengan ragam jenis musik. Sementara itu, kelompok kedua menari dengan musik yang sama. Kedua kelompok ini dilatih untuk mengikuti gerakan dari guru tari, mereka melangkah dan menggoyangkan tangan ke setiap arah mengikuti hentakan lagu.

Ketika waktu penampilan, dua kelompok saling berhadapan dan menari bersama. Kemudian, anak-anak pun diminta mengisi kuesioner mengenai pengalaman selama uji coba. Hasilnya, setiap anak menjawab bahwa sebelum penampilan, mereka sangat menyukai teman-teman satu kelompok dibanding kelompok lainnya. Lalu, usai penampilan, anak-anak mengatakan bahwa mereka menyukai semua teman-teman yang ikut menari bersama saat waktu penampilan.

                Nah, oleh karena itu ayo Bunda ajak si kecil menari bersama, kegiatan mengasyikkan yang sekaligus melatih kemampuan sosial anak. Dengan mengajaknya menari, Bunda juga dapat menjadi lebih akrab dan berbagi keceriaan bersama si kecil.