Baikkah Komputer dan TV di Kamar Anak?

16 May 2016 | by Administrator

Bagi sebagian orangtua, kamar anak harus dilengkapi dengan komputer dan televisi. Komputer ditempatkan di kamar tidur dengan maksud agar anak bisa belajar dengan bebas. Tapi tahukah Anda bahwa kehadiran komputer dan televisi di kamar tidur dapat mengganggu perkembangan anak?

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Helsinki, Finlandia, televisi dan komputer dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan masalah memori dan kinerja yang buruk di sekolah.

Penggunaan televisi dan komputer di kamar tidur akan mengganggu pola tidur mereka, yang masih membutuhkan tidur ekstra. Penelitian dilakukan dengan responden 353 anak-anak berusia 10-11 tahun. Mereka ditanya tentang penggunaan televisi, komputer, dan kebiasan tidur mereka. Setelah 18 bulan, anak-anak ditanya pertanyaan yang sama lagi.

Hasil penelitian menunjukkan lebih sering anak-anak bermain game komputer atau menonton televisi, semakin larut malam mereka tidur. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam BMC Public Health Journal, kehadiran televisi atau komputer di kamar tidur sangat mengganggu, terutama bagi anak laki-laki.

Maka, sebaiknya hindarilah menaruh barang elektronik di dalam kamar anak-anak anda. Selain dampak yang kurang baik seperti disebutkan di atas, akan berpengaruh pula pada kesehatan anak-anak, karena ketika saatnya untuk tidur mereka tidak mengantuk, sehingga anak pun menjadi kurang tidur. Perubahan hormon akibat paparan cahaya dari layar televisi dan komputer juga menyebabkan anak sulit tidur. Hal ini juga berpengaruh pada penurunan daya ingat dan menurunnya nilai akademis anak di sekolah.

Selain itu, menaruh televisi di kamar anak membuat mereka berlama-lama menonton televise, maka semakin besar resiko mengalami obesitas. Karena yang sering terjadi adalah mereka makan berlebihan sambil menonton televisi. Ditambah lagi, ketika serius menonton televisi atau sedang asyik di depan layar komputer, biasanya anak lupa berkedip. Padahal kedipan mata berguna untuk merawat dan melindungi mata agar tidak kering. Hal ini juga mengakibatkan kelelahan otot mata. Jadi ketika anak mengeluh pusing, sakit pada tengkuk, atau mual, ingat-ingat lagi kebiasaan mereka berlama-lama di depan televisi atau layar komputer.

Bunda, mengenalkan teknologi kepada Buah Hati tidak ada salahnya. Namun, tetap harus pada porsinya. Yuk, mulai kurangi memberikan Buah Hati teknologi untuk menghindari dampak yang negatif. Masa kecil Buah Hati akan lebih bermakna apabila ia juga mengenal lingkungan luar ^^