Benarkah Anak Akan Lebih Gemuk Jika Ditinggal Ibu Bekerja?

04 November 2016 | by Administrator
         Pada masa sekarang sudah biasa melihat wanita yang bekerja diluar rumah walaupun sudah berkeluarga. Hal yang tidak mudah membagi waktu antara bekerja dan mengurus rumah tangga. Jika bisa balance dalam mengaturnya tidak ada yang salah dengan ibu bekerja. Namun ada mitos yang berkembang, anak yang ditinggal bekerja oleh ibunya akan menjadi mudah gemuk, benarkah demikian?

         Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Child Development meneliti 990 anak berusia 8-12 tahun. Pemimpin penelitian tersebut Taryn Morrisey mengemukakan timnya meneliti indeks masa tubuh 990 anak-anak tersebut. Setiap enam bulan anak-anak yang ditinggal ibunya bekerja itu berat badannya naik 1 pound. Namun penelitian ini tidak membeberkan secara jelas apa penyebab kenaikan berat badan tersebut.

         Dilansir CNN, anak-anak yang ditinggal ibunya bekerja ini biasanya tidak dikontrol makanannya saat pulang sekolah. Anak-anak bisa jajan sesukanya sehingga cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan menyebabkan kegemukan. Tidak jarang pula anak-anak ini menyantap makanan siap saji dikarenakan ibu yang tidak sempat menyediakan makanan di rumah.

         Meski begitu, masalah sepeti ini bukan 100% salah ibu yang bekerja, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal seperti ini, misalnya masukkan agenda olahraga bersama dengan keluarga disetiap akhir pekan, tidak perlu olahraga yang serius, cukup jalan kaki bersama atau berenang sambil bermain. Bunda, apapun Anda, baik ibu bekerja atau ibu rumah tangga, menyiapkan makanan yang sehat untuk sehari-hari adalah hal yang cukup penting dilakukan untuk kesehatan keluarga.