Benarkah Banyak Anak Bikin Wanita Awet Muda?

21 March 2016 | by Administrator

Wanita pada zaman sekarang mungkin sudah mengurangi angka melahirkan anak. Hal itu dikarenakan banyaknya wanita yang sibuk bekerja sebagai wanita karir. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya banyak anak itu membuat wanita jadi awet muda lho. Sebuah studi terbaru menemukan,banyak anak membuat perempuan awet muda lantaran penuaan biologis yang kian melambat. Benarkah?

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Simon Fraser, Kanada, ini melibatkan 75 perempuan adat Guatemala, sebuah Negara di Amerika Tengah . Tak hanya itu, para peneliti juga mengumpulkan data jumlah anak yang dilahirkan oleh responden.

Guna menemukan hubungan antara jumlah anak dan tingkat penuaan biologis, peneliti menganalisis panjang sel telomere setiap perempuan. Telomere ialah sel yang terdapat di ujung setiap untai DNA berhubungan dengan penuaan dan umur panjang. Telemore disebut juga enzim yang memberikan kestabilan pada kromosom. Untuk menilai panjang sel ini dari para responden, peneliti mengambil sampel air liur dan DNA dari bagian dalam pipi. Sampel dikumpulkan pada saat penelitian dan 13 tahun kemudian.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang melahirkan anak akan memiliki sel telomere yang lebih panjang. Semakin panjang sel telomere, maka akan semakin lambat penuaan biologis.

Mereka percaya, hasil ini dapat dijelaskan oleh dua faktor. Pertama, ibu menerima sejumlah besar dukungan sosial dari teman dan keluarga, ini dapat membuat tubuh mencurahkan lebih banyak energi untuk menjaga dan memelihara jaringan tubuh, oleh karena itu proses penuaan biologis bisa melambat. Kedua, hormon estrogen meningkat secara signifikan selama kehamilan. Para peneliti percaya hormon tersebut bertindak sebagai antioksidan. Estrogen dapat melindungi sel-sel ibu terhadap pemendekan telomere.

Untuk bunda yang memiliki banyak anak, coba di nikmati masa-masa mengurus anak. Jangan terlalu dibawa stress. Kelak jika mereka telah dewasa, Anda tidak akan dapat mengulang masa pertumbuhan mereka. Jadikan anak sebagai teman dan penghibur, dengan begitu Anda akan merasa bahagia bersama mereka. Kebahagiaan dapat memberikan kesan awet muda bukan?

Nah, bagaimana sekarang? Apakah masih berfikir untuk memiliki anak banyak? Tentu saja hal itu kembali lagi kepada pribadi masing-masing ya. Semoga bermanfaat.