Benarkah Banyak Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul?

11 November 2016 | by Administrator
           Mungkin sudah banyak orang yang menganggap jika makan terlalu banyak telur akan menyebabkan timbulnya bisul. Kebanyakan orangtua pun akan menghindari memberikan telur secara terus-menerus, karena takut jika anaknya terkena bisul. Bisul adalah benjolan merah pada kulit dan berisi nanah. Bisul terasa sakit, maka jika anak sedang mengalami bisul biasanya orangtua akan menyebut terlalu banyak makan telur sebagai penyebabnya. Namun apakah hal itu benar?
Sebenarnya tidak ada penelitian yang menghubungkan bisul dengan konsumsi telur, sehingga telur menyebabkan bisul hanyalah mitos belaka. Seperti dijelaskan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, gejala alegi pada telur umumnya adalah sakit kepala, mual, dan ruam-ruam kemerahan di kulit, bukan bisul seperti yang selama ini orang percayai. 
Bisul itu sendiri disebabkan infeksi bakteri pada folikel (akar) rambut di kulit yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bisul ditimbulkan bisa karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh dan lemahnya kekebalan tubuh terhadap penyakit. 
Jadi jangan takut ya Bunda jika anak sering mengkonsumsi telur, karena sebenarnya telur banyak sekali manfaatnya. Telur mengandung sumber protein, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, dan zync. Sumber nutrisi tersebut sangat baik bagi anak-anak terutama dalam masa pertumbuhannya. Selain itu telur juga mengandung kolin, yang baik untuk kesehatan dan perkembangan otak. Agar anak tidak bosan dalam mengkonsumsi telur, Bunda dapat mengkreasikan beberapa menu dengan bahan dasar telur.