Besarnya Dampak Positif Musik bagi Anak

23 February 2016 | by Administrator

Besarnya Dampak Positif Musik bagi Anak


Musik memang memberikan keceriaan pada hidup. Tanpa musik hidup seperti monoton dan membosankan. Musik juga dapat menenangkan suasana, menenangkan pikiran, dan memberikan semangat. Musik juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Menurut penelitian, anak yang gemar bermain musik memiliki sifat yang baik, penolong dan cekatan dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian dari University of West London ini, mengatakan bahwa pada tahun 2010, peneliti dari Jerman, Sebastian Kirschner dan Michael Tomasello, menemukan bahwa dengan bermain musik secara signifikan, dapat meningkatkan perilaku sosial yang positif pada anak.

Selain itu, anak yang gemar bermain musik juga cenderung mudah bekerja sama, supel, humoris dan gampang menolong.

Selanjutnya, pada penelitian yang digagas oleh British Psychological Society's Cognitive Developmental Psychology Annyal Conference di Reading, Inggris. Para peneliti melakukan survei 50 anak laki-laki dan perempuan usia empat tahun. Anak-anak secara acak dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok musik dan kelompok non-musik. Pada kelompok musik, anak-anak bernyanyi dan bermain musik bersama dengan instruktur. Lalu, kelompok non musik, anak-anak tidak mendengarkan atau bermain musik, mereka hanya mendengarkan cerita.

Temuan menunjukkan bahwa anak-anak kelompok musik ditemukan lebih dari 30 kali suka menolong lingkungan sekitarnya, daripada anak-anak di kelompok non-musik. Lalu, anak dalam kelompok grup musik, enam kali lebih kooperatif daripada mereka yang hanya mendengarkan cerita.

Dalam hal ini, anak-anak perempuan lebih berkeinginan untuk bekerja sama daripada anak laki-laki. Sementara untuk menyelesaikan masalah lebih terlihat pada anak laki-laki. Anak laki-laki yang bermain musik lebih memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dibanding dengan anak laki-laki yang tidak bermain musik.