Buah Hati Cerdas Masa depan Cerah!

09 July 2015 | by Administrator

Apakah Bunda tahu jika kecerdasan Buah Hati hingga besar nanti dipengaruhi faktor lingkungan dan pola asuh yang diterimanya? Berikut adalah tips agar Buah Hati tumbuh cerdas.

1. Jadilah panutan yang baik.

Suka tidak suka Buah Hati akan meniru orang tuanya. Maka, sebagai orang tua, Bunda wajib menjadi role model atau panutan terbaik bagi anak dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Tunjukkan minat Bunda untuk selalu belajar dan menemukan hal-hal baru yang menarik dan kreatif bersamanya. Tunjukkan dan terapkan pola hidup sehat. Tunjukkan pula sikap menghargai serta empati kepada setiap anggota keluarga, orang lain, serta mahkluk hidup lain. Oleh karena itu penting bagi Bunda untuk beraktivitas bersama terus dengan Buah Hati.

2. Bebaskan Buah Hati bermain bebas di lingkungan.

Lingkungan menjadi sarana luas bagi Buah Hati untuk belajar tentang berbagai macam hal. Bermain di alam juga dapat memicu Buah Hati aktif bergerak dan juga meningkatkan rasa ingin tahunya. Sambil bermain bebas ajarkan ia sedikit demi sedikit pentingnya menghargai lingkungan

3. Dukunglah Kesukaannya.

Untuk menggali potensi luar biasa di dalam diri Buah Hati, beri dukungan penuh pada bidang-bidang yang disukainya, kalau perlu ikut berlatih dan menjadi teman berlatih yang menyenangkan untuknya.

4. Seringlah bertanya kepada anak.

Ajukan beberapa pertanyaan kepada Buah Hati yang akan memancingnya untuk member jawaban berupa penjelasan yang juga merangsangnya untuk adu argumentasi. Atau ajak dia berdiskusi.

5. Biasakan Buah Hati mengambil keputusan.

Membiasakan Buah Hati untuk mengambil keputusan akan melatihnya untuk belajar bertanggung jawab dan secara tidak langsung akan mengajarkannya untuk berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

6. Cukupi kebutuhan gizinya.

Nutrisi untuk otak, terutama DHA, terbukti berperan dalam perkembangan otak anak pada "periode emas". Berikan konsumsi jenis makanan kelompok brain food, misalnya makanan sumber protein, untuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, berpikir dan kewaspadaan.

7. Jaga kesehatan.

Olahraga atau latihan fisik tidak hanya membuat tubuh Buah Hati sehat, tapi juga membuatnya menjadi cerdas! Sebab, selain sirkulasi oksigen, gula dan zat gizi menjadi lancar keseluruh tubuh dan otak, juga akan memicu produksi hormone untuk sel saraf (nerve growth factor). Dengan tubuh sehat, Buah Hati memiliki kesempatan luas untuk belajar berbagai hal, serta mengeksplorasi potensi kecerdasan dalam dirinya dengan optimal.