Buat Lesung Pipi Pakai Cabai?

02 December 2016 | by Administrator
         Lesung pipi adalah lekukan atau cekungan kecil yang biasanya ada di pipi. Lesung pipi biasanya akan terlihat jelas saat seseorang tersenyum. Lesung pipi bisa ada dikedua pipi atau salah satu pipi saja. Bagi anak-anak yang memiliki lesung pipi akan menambah kecantikan atau ketampanan wajahnya. Maka ada beberapa orangtua yang ingin memiliki anak berlesung pipi dan membuatnya secara sengaja, yaitu dengan cara menusukkan ujung cabai kepipi si anak. Berpengaruhkah hal ini?
         Bunda ternyata itu hanyalah sebuah mitos karena lesung pipi sebenarnya adalah sebuah kelainan dari otot pipi. Seperti dikutip dari NCTimes, Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di Universitas of Texas Health Science Center dalam makalah yang diterbitkan jurnal Clinic Anatomy tahun 1998, menuturkan lesung pipi disebabkan oleh kecacatan dari otot zygomaticus utama yang lebih pendek daripada ukuran sebenarnya atau otot ini terbelah menjadi dua dan kondisi ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi.
         Selain itu Bunda, lesung pipi ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orangtua yang memiliki lesung pipi maka dapat dipastikan si anak pun akan memiliki lesung pipi. Jika orangtua tidak memiliki lesung pipi tapi si anak memiliki lesung pipi maka bisa jadi diturunkan oleh kakek neneknya.
         Beberapa orang ada yang hanya memiliki lesung pipi ketika masih anak-anak atau muda. Hal ini dikarenakan seiring waktu otot wajah secara perlahan akan meregang dan membuat lesung pipi memudar atau hilang. Nah oleh karena itu, menusukkan ujung cabai dipipi anak untuk mendapatkan lesung pipi tidaklah ada pengaruhnya Bunda. Malah yang dikhawatirkan si anak akan merasa perih atau kepedasan karena kulitnya terkena cabai. Pada dasarnya setiap anak sudah memiliki ketertarikan sendiri dengan atau tanpa lesung pipi.