Hebatnya Suara Ibu

05 August 2016 | by Administrator

Suara ibu memang sudah dikenal oleh anak sejak dalam kandungan dibanding suara lainnya. Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Proceedings of The National Academy of the Science menunjukkan bahwa anak-anak bisa mengenal suara ibu mereka dalam waktu kurang dari satu detik. Dan otak anak yang menunjukkan koneksi saat mendengar suara ibunya memiliki kemampuan sosial yang lebih baik dengan yang tidak.

Para peneliti memang sudah lama mengetahui bahwa anak-anak lebih mengenal suara ibunya dibanding suara lainnya. Namun, studi ini menunjukkan bahwa suara ibu mereka ternyata berpengaruh pada otak, perkembangan sosial dan emosional anak. Untuk menguji respon anak terhadap suara ibunya, mereka meminta para ibu untuk mengucapkan kata-kata yang tidak jelas seperti teebudishawlt, keebudishawlt dan peebudishawlt. Ternyata 97% anak bisa menebak kata-kata itu dengan benar meskipun mendengarnya dalam waktu satu detik.

Di studi terpisah, peneliti juga menilai kemampuan komunikasi sosial anak dan menemukan fakta bahwa mereka yang merespon suara ibunya dengan baik, memiliki hubungan sosial yang lebih bagus.

Untuk itu, mulailah ajak anak berkomunikasi sejak dalam kandungan ya Bunda. Selain itu, bacakan cerita kepada anak-anak sebelum tidur, hal itu terbukti mengasah kemampuan mereka untuk memahami sesuatu. Karena selain dapat memiliki hubungan yang erat, ternyata ketika anak merespon suara ibunya dengan baik juga dapat memberikan dampak positif dalam kehidupan sosial si anak. Tentu saja hal itu juga akan berpengaruh hingga ia dewasa nanti.