Hubungan Anak dan Video Game

31 May 2016 | by Administrator


Anak dan video game memang hal yang tidak dapat dipisahkan. Dunia anak memang dunia bermain dan belajar. Sebagai orang tua Anda harus mengatur waktu anak, jangan sampai video game membuat anak lupa dengan lingkungan sekitarnya.

Penelitian dari University of Oxford menunjukkan bahwa durasi bermain video game memegang peranan penting. Penelitian yang terbit di jurnal Pediatrics menemukan bahwa tiga dari empat remaja di Inggris bermain video game hampir setiap hari. Karena penelitian ini melibatkan 5000 remaja dan mencari tahu positif dan negatif dari video game.

Dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anak yang bermain video game hanya satu jam sehari ternyata lebih bisa bersosialisasi dibanding dengan anak yang tidak bermain video game sama sekali. Begitu pula sebaliknya, anak yang terlalu lama bermain video game akan susah bersosialisasi. Para ahli menyarankan sebaiknya dalam sehari anak-anak hanya bermain satu sampai tiga jam video game saja.

Hal ini tentu saja kembali lagi kepada peran orang tua dengan membatasi waktu anak untuk bermain video game. Karena bersosialisasi itu sangat penting ditanamkan dari kecil agar mereka tumbuh dan dapat bersosialisasi dengan baik nantinya. Jadi jangan sampai video game membuat anak anda menjadi anak yang kurang bersosialisasi dengan lingkungan ya bunda. Semoga bermanfaat.