Kenalkan puasa pada Buah Hati yuk, Bunda

15 July 2015 | by Administrator

Ada banyak cara untuk mengajarkan anak-anak Anda tentang puasa Ramadhan, namun yang terbaik dan yang terpenting adalah memberi contoh. Anda pun juga dapat melakukan hal berikut untuk melatih anak Anda puasa Ramadhan tahun ini.

1. Lakukan secara bertahap

Sebagai permulaan Ayah dan Bunda dapat membiasakan Buah Hati berpuasa selama 3-4 jam, setengah hari atau sampai Ashar jika mereka kuat.

2. Nutrisi bergizi saat berbuka atau sahur.

Berikan nutrisi dan cairan yang cukup serta berimbang saat sahur dan berbuka. Nutrisi yang cukup, lengkap, dan berimbang dapat menjamin tenaga mereka selama berpuasa.

3. Kurangi waktu bermain di siang hari

Siang hari merupakan waktu kritis orang puasa, dengan bermain di siang hari, Buah Hati akan mudah haus dan lapar. Lebih baik dorong ia untuk tidur siang sebelum berbuka.

4. Alihkan perhatian

Berikan aktifitas yang tidak terlalu menguras tenaga. Aktifitas bermain yang menyenangkan dapat mengalihkan perhatian Buah Hati dari berbuka.

5. Pantau kesehatanya.

Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanya. Jika Buah Hati tampak pucat, lemas dan lesu atau mengalami gejala seperti pusing karena tekanan darah rendah, jangan dipaksa untuk melajutkan puasa, berikan kesempatan pada mereka untuk berbuka meski targetnya belum tercapai.