Ketahui Dampak Buruk Sering Marahi Anak Depan Umum

12 February 2016 | by Administrator

Ketahui Dampak Buruk Sering Marahi Anak Depan Umum


Anak adalah anugerah yang terindah dari Tuhan. Sebagai orang tua anda pasti sangat menikmati tiap moment pertumbuhan mereka. Semakin besar semakin banyak tingkah laku dan ucapannya yang dapat membuat anda bahagia melihatnya. Namun tak jarang pula mereka melakukan hal yang membuat anda kesal, misalnya tidak bisa diam sehingga memecahkan barang di rumah, ngambek dan mengamuk, berteriak-teriak atau menjahili anak lainnya.

Tentu saja hal ini akan membuat anda kesal sebagai orang tua. Alhasil, anda spontan akan memarahi si anak pada saat itu juga. Tak peduli berada di tempat umum, maupun dihadapan teman-temannya, amarah yang membendung dalam benak anda akan anda luapkan dalam waktu itu pula.

Namun tahukah anda, hal itu sangat berpengaruh terhadap mental dan tumbuh kembang si anak. Inilah beberapa dampak buruk yang akan terjadi pada anak ;

1. Perasaan minder pada diri si anak

Meski masih berusia sangat kecil, akan tetapi sama halnya seperti orang dewasa anak-anak sudah memiliki rasa malu jika semua orang-orang yang ada disekitarnya tiba-tiba menatapnya saat mereka dimarahi oleh ibu atau ayahnya dimuka umum. Hal ini akan mempengaruhi pada kepercayaan diri si anak.

2. Hilangnya rasa hormat pada orang tua

Tindakan orang tua yang memutuskan untuk memarahi anak-anaknya dihadapan umum akan membuat si anak melahirkan rasa kekesalan dan kebenciannya terhadap orangtua. Hal ini tentu saja, dipengaruhi karena rasa malu pada diri anak yang dikarenakan oleh sikap orangtuanya. Jika anda menganggap hal ini akan dapat mendisiplinkan semua anak, anda keliru. Ingatlah, pribadi dan karakter setiap anak berbeda-beda.

3. Ketakutan si anak untuk bersosialisasi

Menghakimi anak dengan berbagai predikat tentu, seperti bodoh atau nakal, akan berdampak negatif untuk perkembangan dan pergaulan anak nantinya. Bahkan saat ia beranjak dewasa nanti, bukan tidak mungkin, anggapan bodoh ini akan terus melekat dalam diri anak, yang pada akhirnya membuat mereka menjadi kehilangan rasa percaya dirinya dan takut untuk bisa bersosialisasi dengan oranglain.

Maka, hindari untuk memarahi anak di depan umum. Ketika akan marah, ingatlah bahwa mereka adalah titipan Tuhan yang harus anda jaga dan didik dengan benar. Semoga bermanfaat.