Khasiat Wortel untuk Mata Anak

19 August 2016 | by Administrator

            Selama ini kita selalu beranggapan bahwa mengkonsumsi wortel akan meningkatkan penglihatan dan fungsi mata. Oleh karena itu, banyak orangtua yang rajin memberikan wortel pada anaknya karena ingin anaknya memiliki penglihatan yang bagus. Namun tahukah Bunda, vitamin yang tekandung dalam wortel memang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, tapi wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual sesorang, apalagi jika orang tersebut sudah memiliki masalah dalam penglihatan.

            Wortel memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk dikonsumsi terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Wortel kaya akan senyawa beta karoten, yaitu suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang merupakan salah satu komponen gizi yang penting untuk kesehatan mata. Namun, wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten. Mangga, ubi jalar, aprikot dan labu juga merupakan sumber beta karoten. Tidak hanya dari sayuran, beta karoten juga bisa didapatkan dari keju, susu, kuning telur, hati dan lainnya.

            Jadi, tidak sepenuhnya benar kalau mengkonsumsi wortel dapat membuat penglihatan bagus, karena wortel tidak mampu mengobati seseorang yang memiliki masalah penglihatan, namun vitamin A dalam wortel dapat menjaga kesehatan mata seseorang. Dan vitamin A tidak didapat dari wortel saja, tapi banyak sumber vitamin A lainnya yang baik untuk dikonsumsi anak-anak.