Musik Mozart dan Kecerdasan Otak Anak

12 August 2016 | by Administrator

Musik klasik karya Mozart biasanya diperdengarkan Bunda kepada anaknya dari kecil bahkan sedari masih dikandungan. Hal ini dilakukan karena para orangtua mempercayai bahwa musik klasik dapat mencerdaskan otak anak. Tahukah Bunda, hal ini sudah dipercaya dari lebih dari 15 tahun yang lalu.

Namun fakta yang didapat dari hasil penelitian bahwa musik Mozart ini tidak memberikan efek terhadap kemampuan kognitif anak. Peneliti menilai kalau mendengarkan musik klasik hanya akan mempengaruhi selera musikalitas si kecil saja, namun kita jangan menganggap kecerdasan akan meningkat hanya dengan mendengarkan musik Mozart ini.

Menurut dr.Widodo Judarwanto SpA, musik klasik dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memperbanyak kosakata dalam berbicara dan memberikan efek positif untuk menstimulasi otak kanan. Anak yang senang mendengarkan musik biasaya memiliki banyak kosakata dan kemampuan verbal yang baik. Selain itu, musik klasik juga memberikan efek positif untuk menstimulasi otak kanan yang berkaitan dengan perkembangan artistik, kreatifitas dan imajinasi.

Bagaimanapun juga, kecerdasan si kecil sangat bergantung kepada bagaimana pola asuh dan metode pendidikan anak, seberapa baik asupan nutrisi yang diterimanya, serta seberapa maksimal Bunda mengembangan bakatnya. Orangtua menjadi bagian paling penting dalam mendukung kecerdasan si kecil.