Orangtua Marah, Anak semakin Berulah?

23 December 2016 | by Administrator

                Tidak mudah memang menjadi orangtua, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perlu diawasi setiap saat. Menerapkan pola asuh pada anak menjadi hal yang dianggap agak sulit. Jika terlalu disiplin maka anak akan menjadi membangkang, namun jika terlalu longgar maka anak akan terlalu bebas tanpa aturan.

Peneliti di National University di Amerika Serikat mempelajari gaya pola asuh 102 orangtua saat menghadapi anak yang berulah. Peneliti mengungkapkan, saat orangtua memberi hukuman naughty step atau time out dianggap pola asuh yang kurang efektif. Terlalu sering memberikan time out (berdiri di pojok ruangan selama beberapa waktu) bisa membuat anak tumbuh minder.

Kemudian, peneliti pun menyimpulkan bahwa metode mengatasi ulah anak paling baik adalah berkompromi dengan berbicara baik-baik dan memberikan penjelasan.

Pasalnya, peneliti menemukan bahwa anak yang diajak bicara baik-baik mengenai perilaku negatifnya kemungkinan kecil kembali berulah. Namun, anak yang selalu kena marah orangtua saat mereka berperilaku buruk kemungkinan besar akan mengulanginya lagi. Alasan utamanya adalah mencari perhatian orangtua. 

Bunda, cobalah untuk memberikan penjelasan pada anak mengenai kenakalan mereka atau kesalahan yang mereka perbuat, dengan begitu maka setidaknya pada dua bulan ke depan anak akan memahami untuk tak lagi mengulangi perilaku tidak menyenangkan tersebut.