Sarapan Biar Pintar

02 September 2016 | by Administrator

Membiasakan anak untuk selalu sarapan pagi setiap hari adalah hal yang sangat baik. Hal itu berguna untuk memberikan energi sebelum memulai aktifitas dipagi hari. Namun tidak jarang pula beberapa orang menyepelekan waktu makan dipagi hari ini. Berbagai alasan seperti tidak sempat, tidak terbiasa dan lain sebagainya menjadi hambatan untuk tidak sarapan. Padahal sarapan pagi ini berpengaruh untuk kecerdasan seseorang terutama anak-anak lho bunda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania School of Nursing ini menjelaskan bahwa anak-anak yang rutin sarapan pagi di rumah terbukti mempunyai skor yang lebih tinggi saat tes IQ dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan atau makan hanya sekali. Selain itu mereka yang jarang sarapan juga memiliki kemampuan verbal dan non verbal yang lebih rendah.

Selain itu, sarapan pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar di sekolah, karena sarapan efektif meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh anak. Sehingga mereka pun lebih mudah fokus dan konsentrasi. Pada penelitian lain terbukti bahwa anak akan memperoleh nilai hingga dua kali lebih baik ketika mendapat tes di siang hari ketika mereka sarapan makanan yang bergizi.

Tentu saja makanan yang dikonsumsi ketika sarapan pun harus yang bergizi ya Bunda, seperti telur, susu, roti dan buah. Manfaat lain dari sarapan juga dapat memperat ikatan kekeluargaan, sebab saat sarapan bersama para anggota keluarga akan saling berkomunikasi satu sama lain. Jadi, selalu sempatkan waktu untuk sarapan yang bergizi demi kesehatan dan peningkatan akademis si buah hati di sekolahnya.