Sekolah Mahal Buat Anak Jadi Pintar?

21 October 2016 | by Administrator

                Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah dengan fasilitas yang memadai dan sangat menunjang akademis dan aktifitas anak-anak di sekolah. Oleh karena itu, waktu anak di sekolah pun menjadi seharian atau disebut dengan sekolah “full day”. Biasanya sekolah seperti itu identik dengan bayaran dan biaya yang tidak sedikit. Namun apakah bersekolah ditempat yang mahal akan menjamin si anak pandai dalam akademis?

                Sebenarnya sekolah ditempat yang bagus dan mahal ataupun ditempat dengan bayaran gratis tidak ada pengaruhnya dengan nilai akademis. Sebab dibalik semua itu, untuk meningkatkan prestasi akademis yang diperlukan anak adalah hubungan yang dekat dan baik dengan orangtua. Studi dari North Carolina State University, Brigham Young University, dan University of California, menunjukkan bahwa hubungan orangtua dan anak sangat penting. Orangtua harus lebih banyak menginvestasikan waktu mereka dalam kehidupan anak, seperti misalnya mengerjakan pekerjaaan rumahtangga, menghadiri acara sekolah, dan mengingatkan pada anak bahwa sekolah itu penting.

                Hasil studi ini berdasarkan dari mempelajari 10.000 pelajar, orangtua, dan guru sekolah. Para responden guru juga mempelajari nilai akademis siswa dengan mempelajari prestasi akademis dengan kondisi keluarga di rumah. Mereka melihat bahwa anak-anak yang memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan orangtuanya selalu mendapatkan nilai yang baik dari segi akademis.

                Nah Bunda, sebagai orangtua memang sudah seharusnya kita menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak. Jadilah teman dan pendengar yang baik untuk anak, tanyakan bagaimana harinya di sekolah, apa saja yang dilakukannya, atau tanyakan pelajaran mana yang sulit agar anak menjadi semakin percaya diri untuk melakukan aktifitasnya di sekolah terutama dalam bidang akademisnya. Karena dimanapun anak bersekolah, tetap orangtua adalah sekolah pertamanya.