Si Bungsu Lebih Sukses Dari Si Sulung?

23 September 2016 | by Administrator

Kebanyakan orang menilai anak bungsu pasti tidak jauh dari sifat manja atau malas. Penilaian tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Kepribadian kakak dan adik bisa sangat berbeda walaupun mereka adalah saudara kandung. Namun penelitian menemukan bahwa anak bungsu bisa lebih sukses dari kakak-kakaknya?

Penelitian yang berasal dari Universitas Birmingham ini mengambil sampel 6.300 warga Inggris dengan dua atau tiga jumlah saudara kandung. Hasilnya dari jumlah dua saudara kandung, 49% anak bungsu bisa lebih bereksperimen dengan usahanya dan lebih sukses dalam karir dan profesinya. Untuk yang jumlah tiga saudara kandung, 43% anak bungsu kemungkinan besar bisa menjadi pengusaha. Hasil dari Birmingham ini tidak berbeda jauh dengan penelitian yang dilakukan oleh ilmuan asal Universitas Cambridge. Mereka menemukan bahwa anak bungsu yang sering berdebat dengan kakak-kakaknya berpotensi sukses di masa depan. Hal ini dikarenakan keterampilannya sosial si bungsu dalam beragumentasi dengan orang lain akan meningkat.

Sebuah situs CareerBulder yang dilansir The Sunday Times menyebutkan beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk anak berdasarkan urutan kelahiran. Anak sulung biasanya lebih tertarik pada teknologi, sains, dan pemerintahan. Anak tengah menyukai hukum dan pendidikan. Anak bungsu lebih menyenangi bidang kreatif.

Meskipun begitu, sebagai orangtua sebaiknya Bunda tidak membeda-bedakan atau berfokus pada si sulung, tengah atau si bungsu. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya kelak menjadi orang-orang yang sukses. Maka setiap anak harus mendapat perlakuan dan pola asuh yang sama. Karena pada dasarnya kesuksesan setiap anak tidak berdasarkan urutan kelahirannya, namun pada pola didik dan pengajaran orangtua itu sendiri.