Yuk Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini

27 June 2016 | by Administrator


 

            Bulan Ramadhan tela tiba, maka para umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Sebagai orangtua ada baiknya mengajarkan berpuasa pada anak-anak sejak dini. Namun, tidak jarang pula ada orangtua yang tidak tega melihat anaknya berpuasa menahan haus dan lapar, sehingga membiarkan mereka tidak berpuasa.

Bunda, tahukah Anda, berdasarkan penelitian, berpuasa memberikan dampak yang positif bagi perkembangan fisik dan mental anak lho. Beberapa ahli mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan hormon pertumbuhan anak dan daya tahan tubuh. Dilihat secara psikologis, anak yang berpuasa juga memiliki pola hidup yang disiplin, sabar, mau berbagi dan mengendalikan diri.

Namun, sebaiknya Bunda pun tidak memaksakan puasa pada anak. Menurut laman Pediatrica Gadjah Mada, orangtua diperbolehkan mengajarkan anak berpuasa sejak usia empat tahun. Ajaklah anak dalam kegiatan sahur dan berbuka bersama untuk melatihnya. Berikut beberapa tips untuk mengajarkan anak berpuasa;

1.      Pengertian

Tanamkan pengertian dan pemahaman mengenai puasa, apa arti pentingnya puasa, keuntungan dan pahala yang diperoleh selama berpuasa.

2.      Tetapkan target

Setelah anak memahami apa arti puasa, buatlah perjanjian berapa hari si kecil akan berpuasa. Tentu saja disesuaikan dengan kondisi dan usia anak.

3.      Buat sahur yang menyenangkan

Ajak anak makan sahur dengan sabar dan lembut. Karena mereka belum terbiasa dengan makan dalam kondisi mengantuk. Buatlah menu makanan favorit si kecil agar mereka semangat untuk sahur.

4.      Sibukkan anak saat mereka berpuasa

Lakukan kegiatan yang menarik selama berpuasa agar mereka lupa dengan haus dan laparnya. Tentu saja dengan aktifitas bermain yang tak menguras tenaga.

5.      Buat tabel puasa

Ajak anak untuk membuat tabel Ramadhan, berikan tanda ceklis jika anak mencapai target puasa setiap harinya. Hal itu akan menambah semangat anak untuk berpuasa.

6.      Berikan hadiah

Jangan lupa berikan hadiah jika anak sudah mencapai target puasanya. Pelukan dan ciuman dengan kasih sayang akan memberikan mereka semangat untuk lanjut berpuasa esok harinya.