Bahaya Duduk Dengan Dompet Di Saku

12 February 2016
Bahaya Duduk Dengan Dompet di Saku

Pria cenderung serba praktis. Daripada membawa tas kemana-mana, mereka lebih memilih memanfaatkan saku pada celana untuk menyimpan barang. Salah satu yang sering disimpan pada saku celana pria terutama saku celana belakang adalah dompet. Menurut penelitian, kebiasaan menyimpan dompet pada saku celana belakang dapat merusak saraf-saraf kunci pada bagian belakang pinggul. Kondisi ini disebut dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.


Dompet yang ditempatkan pada saku celana belakang akan menekan saraf-saraf di tubuh ketika Anda sedang duduk. Semakin tebal dompet yang Anda kantongi maka akan memberi tekanan semakin besar pada saraf sepanjang sumsum tulang belakang. Kondisi ini dapat mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring. Tak hanya itu saja, hal tersebut juga menimbulkan ketidakseimbangan pada otot, tulang dan sistem saraf Anda.


Ketidakseimbangan ini membuat seseorang duduk cenderung miring dan mencoba untuk tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada pinggul sehingga membuat posisi tulang belakang menjadi tidak sejajar. Efeknya, lambat laun akan membuat bahu Anda menjadi miring sebelah, Anda juga akan sering terkena nyeri pada leher, punggung dan juga bahu.


Maka dari itu, rubah kebiasaan Anda dengan melakukan hal berikut ini untuk menghindari risiko gangguan saraf:
1. Lakukan peregangan sebelum duduk
2. Selalu keluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk
3. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar dan empuk sehingga tidak mengganggu saraf dan struktur tulang
4. Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini