Bahaya Tidur Dengan Sorotan Kipas Angin

12 February 2016

Bahaya Tidur Dengan Sorotan Kipas Angin

Tidur dengan menggunakan kipas angin memang terkadang membuat kita tidur nyenyak, anginnya yang sejuk dapat menghilangkan rasa panas atau gerah yang terkadang mengganggu tidur. Namun, tahukah anda bahaya-bahaya yang ditimbulkan jika tidur menggunakan kipas angin yang terlalu menyorot ke tubuh? Berikut ulasannya ;

1. Dampak negatif yang pertama adalah tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Hal ini terjadi jika kipas angin mengarah langsung ke wajah, terkena bagian hidung dan     mulut. Udara yang berputar-putar di dalam kamar tidak diperbaharui sehingga oksigen tidak berfungsi dengan baik ketika dihirup.

2. Saat hembusan angin menerpa tubuh, suhu tubuh anda juga akan menurun terutama saat dalam keadaan tidur. Dampak fatalnya, dapat mengganggu fungsi jantung dan paru-paru dalam tubuh.

3. Bahaya selanjutnya adalah anda akan mengalami dehidrasi. Apabila anda berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat dari udara dingin yang menyerap air dalam tubuh. Bila hal ini terjadi terus menerus sepanjang malam, maka kelembapan tubuh akan menurun dan anda akan mengalami dehidrasi.

4. Lalu anda dapat mengalami gejala hipotermia. Hipotermia memang sering terjadi di daerah yang tinggi seperti di pegunungan. Namun gejalanya bisa saja terjadi dalam kondisi dimana tubuh merasa amat sangat kedinginan walau anda sedang berada di dataran rendah. Kedinginan yang terlalu lama ini dapat menyebabkan kebekuan karena pembuluh darah yang mengerut yang dapat memutus aliran darah menuju hidung, telinga, jari tangan dan jari kaki.

5. Anda dapat juga terserang penyakit bell palsy atau penyakit dimana sistem syaraf wajah menjadi tegang, sulit senyum, dan susah berekspresi. Hal ini dikarenakan suhu dingin yang menerpa bagian wajah secara terus menerus sepanjang malam.

6. Bahkan bahaya dari kipas angin ini dapat menyebabkan kematian, terlebih jika di dalam kamar tidak terdapat fentilasi. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar CO2 dan penuruan O2 dalam ruangan. Sehingga bisa saja bila oksigen itu menipis, kita tidak dapat bernafas lagi.

Maka, jangan dianggap remeh bahaya menggunakan kipas angin yang terlalu menyorot ke tubuh sepanjang tidur malam. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Semoga bermanfaat.

Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini