Cara Merawat Baju Batik

12 February 2016
Cara Merawat Baju Batik

Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang tak ternilai harganya. Merawatnya adalah salah satu cara melestarikan batik. Perlu cara khusus untuk merawat batik agar batik Anda awet dan tetap terlihat seperti baru. Berikut ini sejumlah cara untuk merawat batik kesayangan Anda.

Proses pencucian

- Jika batik tak terlalu kotor, cukup rendam di air hangat. Tapi jika benar-benar kotor, misalnya terkena noda, bisa dihilangkan dengan kulit jeruk. Caranya, cukup dengan usapkan kulit jeruk di bagian yang bernoda.

- Usahakan mencuci batik dengan tangan, jangan memakai deterjen dan jangan digosok. Gunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang banyak dijual di pasaran.

- Jika terpaksa menggunakan mesin cuci untuk mencuci batik, maka pilih putaran cuci lembut (delicate) dan dengan siklus waktu yang singkat. Pastikan Anda mencuci batik di suhu rendah, yaitu kurang dari 30 Celcius.

Proses pengeringan

- Saat akan menjemur batik, batik yang basah tak perlu diperas. Usahakan untuk mengeringkan kain batik pada jemuran di luar rumah, namun hindari sinar matahari langsung untuk mencegah pemudaran warna. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering.

Proses perawatan

- Saat akan menyeterika batik, hindari menempelkan setrika panas langsung kepada kain batik Anda. Semprotkan sedikit air di permukaan kain dan lapisi kain bersih diatasnya sebelum memulai menyetrika.

- Bila Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada batik, terutama pada batik tulis, jangan semprotkan langsung pada kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran.

Proses penyimpanan

- Setelah selesai menyeterika, simpan batik kesayangan Anda dalam plastik agar tak dimakan ngengat. Hindari pemakaian kapur barus saat menyimpan batik dalam lemari, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.

Dengan perhatian dan perawatan yang benar, Anda dapat menikmati indahnya motif dan warna kain batik kesayangan Anda lebih lama.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini