Harapan Terdalam Kang Fauzi Demi Anak dan Istri

07 December 2016
        Achmad Fauzi atau yang biasa disapa Kang Fauzi, pria berusia 42 tahun asal Bogor ini telah bertahun-tahun menjadi pemulung sampah di Tanah Abang, Jakarta. Tuntutan ekonomi serta sedikitnya pilihan untuk bekerja membuatnya rela bergumul dengan sampah setiap harinya. Ia memilih hijrah ke Jakarta karena menurutnya, Jakarta perlu banyak orang untuk membersihkan sampah-sampah agar kota Jakarta terlihat cantik dan menarik untuk ditinggali dan dikunjungi, apalagi jarak Jakarta dan Bogor tidaklah jauh, sehingga ia bisa pulang ke Bogor sesering mungkin untuk bertemu istri dan anaknya. 
       Ia tahu, kesejahteraan pemulung sampah di Indonesia memang kurang begitu diperhatikan pemerintah dengan baik, padahal tanpa jasa pemulung sampah, kota-kota di Indonesia akan kotor dan terlihat kumuh, namun Kang Fauzi tetap ikhlas menjalani profesinya ini karena ia hanya memikirkan dua hal, agar dapur tetap mengebul dan anak bisa sekolah dengan baik.  
       Mendengar berita bahwa pemulung sampah di Jakarta akan menjadi pemulung sampah berseragam semua, Kang Fauzi ingin secepatnya mengubah kependudukan menjadi warga Jakarta. Ia berharap, kehidupannya akan lebih terjamin dan anak-anaknya bisa sekolah dengan layak jika hal tersebut terjadi. Sayangnya, kabar tersebut tak lebih dari rumor belaka yang belum tentu kebenaran akan realisasinya. “Tahun 2020 mereun, kang”. begitu ucapnya. Semoga harapan terdalam Kang Fauzi dapat segera terwujud, dan kehidupan pemulung sampah dapat lebih terjamin kesejahteraannya karena tanpa jasa mereka, kota ini akan tidak terawat dengan baik. 

Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini