Kebiasaan Yang Dapat Membunuh Sel-Sel Otak

09 August 2015

Otak merupakan organ tubuh paling penting dalam tubuh makhluk hidup terutama manusia.

Otak memainkan peran dalam memori, emosi, maupun proses belajar. Setiap orang pun memiliki kecerdasan intelektual yang berbeda sejak lahir, namun saat manusia beranjak tua, sejumlah faktor tertentu dapat membunuh sel-sel otak.Akibatnya, kemampuan manusia dalam berfikir atau menghasilkan ide akan semakin menurun jika kebiasaan-kebiasaan yang dapat membunuh sel otak tidak segera dihentikan. Lantas apa saja kebiasaan yang dapat membunuh sel otak dan menurunkan kecerdasan otak?

1. Stres

Sebisa mungkin hindari stress dengan banyak melakukan kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran. Stres bisa memicu penurunan kemampuan otak seseorang.

Tingkat stres tinggi tak hanya dapat membuat fungsi otak yang menurun, tapi berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer

2. Dehidrasi

75 persen dari otak terbuatdari air, maka dari itu kekurangan cairan bisa menyebabkan rusaknya sel-sel otak.Jika kondisi itu dibiarkan maka dehidrasi yang terjadi akan semakin buruk, yang dapat menyebabkan otak membengkak karena tubuh mencoba untuk menarik lebih banyak air kedalam sel,beberapa di antaranya akhirnya dapat pecah.

3. Obesitas dan Konsumsi Gula Berlebih

Konsumsi gula berlebih bukan hanya mengundang diabetes, tapi juga bisa membuat pikiran Anda tumpul, dan melemahkan kemampuan otak. Berdasarkan sejumlah penelitian, kelebihan berat badan atau obesitas pun juga dapat menurunkan fungsi kognitif seseorang. 

4. Terpapar Asap Rokok 
Merokok baik aktif maupun pasif juga dapat merusak sel-sel otak. Menurut penelitian, racun dari asap rokok dapat mengganggu kemampuan sel otak untuk menyimpan informasi yang diterima dan komunikasi secara efektif. 

5. Kurang Tidur

Orang dewasa disarankan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Bila seseorang secara konsisten kekurangan waktu tidur maka ia akan lebih sulit berkonsentrasi, membuat keputusan, dan sulit untuk berpikir cepat

Ternyata kebiasaan-kebiasaan yang tidak kita sadari dapat merusak sel-sel otak.Yuk kita sama-sama mulai menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur waktu tidur, pola makan dan menjaga kesehatan kita selalu.

Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini