Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dalam Waktu Bersamaan

12 February 2016
Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dalam Waktu Bersamaan

Mengkonsusi makanan dan minuman yang sehat tentu sangat baik bagi tubuh. Namun, Anda perlu berhati-hati. Ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena memiliki zat kimia yang justru akan menimbulkan efek yang tidak baik serta membahayakan bagi tubuh. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan:

1. Kedelai dengan bayam

Makan sayur bayam dengan lauk tahu tempe umum ditemui di Indonesia. Nyatanya, kedelai tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan bayam. Ini karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang terkandung pada kedelai dan di dalam usus membentuk endapan yang tidak dapat larut yaitu kalsium oksalat. Kedelai dan bayam yang dimakan bersamaan akan mempengaruhi penyerapan kalsium, akibatnya akan menyebabkan penyumbatan di perut.

2. Susu dengan buah

Siapa yang tidak tergoda segarnya sop buah? Sayangnya sup buah umum disajikan dengan susu sebagai pemanis rasa. Buah-buahan seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Buah-buahan banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah sup buah tanpa susu.

3. Buah-buahan dengan makanan laut

Beberapa jenis buah, terutama yang bersifat asam tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut, karena akan menyebabkan mual, perut kembung, rasa sakit pada perut dan diare. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Anda bisa konsumsi buah-buahan dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

4. Kepiting dengan teh

Mengkonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting, cairan lambung Anda akan diencerkan oleh teh. Teh mengandung asam tannic. Hal ini tidak hanya mengganggu asimilasi, tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan. Lebih baik jika Anda minum air putih saat konsumsi kepiting.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini