Rumah yang Ramah Bagi Kesehatan Anda

16 April 2015

Rumah yang 'baik' tentu bukan hanya indah dan kokoh saja. Namun rumah tersebut juga harus bisa membuat penghuninya hidup dengan sehat dan nyaman. Dalam hal ini tentu harus ada yang Anda perhatikan dalam merancang rumah Anda. Mungkin kelihatannya sederhana, namun jangan sampai terlupa.

1. Ventilasi Udara

Apakah rumah Anda memiliki ventilasi udara yang baik? Agar tubuh Anda sehat, Anda perlu kadar oksigen yang cukup. Untuk itu, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi udara yang cukup, misalnya dengan membuat jendela atau lubang udara.

2. Pencahayaan alami

Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki pencahayaan alami yang baik. Kurangnya cahaya matahari yang masuk ke rumah bisa membuat rumah lembab. Untuk mengakalinya, Anda juga bisa menggunakan genteng kaca.

3. Pembuangan Limbah

Rumah dengan septic tank yang baik akan membuat limbahnya tidak mencemari tanah di lingkungan sekitar. Posisi septic tank harus sejauh mungkin dari pompa air.

4. Pemilihan Bahan Bangunan Rumah

Genteng tanah liat sangat baik untuk membangun rumah di iklim tropis. Penggunaan seng sebagai atap akan membuat rumah lebih terasa panas dan tidak nyaman. Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan bahan lantai. Jangan sampai bahan lantai sangat licin, terutama bagi bagian rumah yang sering terpapar oleh air.

5. Minimalkan Polusi Udara

Untuk itu, jangan memilih cat dari bahan-bahan yang berbahaya, yang baunya tetap menempel dalam waktu lama. Selain itu, perhatikan juga aliran asap dari dapur. Usahakan agar pembuangan asap dari dapur tidak mencemari ruangan-ruangan lain dalam rumah.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini