Terbukti, Tawa Itu Sehat !

16 April 2015

Banyak jalan menuju sehat, baik itu mengkonsumsi makanan sehat, olah raga maupun yang telah sering dibicarakan, yaitu tertawa. Namun seberapa tertawa mampu menyehatkan ?

Kita tertawa, karena menyaksikan atau mendengar sesuatu yang lucu. Apa yang ditangkap panca indera, rupanya direspon oleh yang lain sehingga menimbulkan dampak positif buat tubuh.Tidak heran jika sebuah penelitian mengungkapkan tertawa berpotensi memberikan dampak positif terhadap kesehatan jantung, mengurangi rasa sakit dan memberikan harapan hidup yang lebih panjang.

1. Jantung

Universitas Maryland, Amerika Serikat, merekomendasikan menonton film lucu sebagai bagian dari terapi guna menyehatkan jantung. Cukup dengan menyaksikan film lucu sepanjang 15 menit dapat melancarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Dengan tertawa memunculkan sifat emosi positif yang mempengaruhi siklus dalam tubuh kita

2. Umur panjang

Secara ilmiah, memang belum ada kaitan langsung. Namun yang pasti, telah ditemukan fakta bahwa dari 500 orang berusia 90 ke atas, sebagian besar memiliki sifat hidup yang positif, menikmati hal-hal lucu dan mudah untuk menikmati hidup dengan tertawa..

3. Mengurangi rasa sakit

Ketika tertawa, ada kalanya sekujur badan kita merepon. Seperti urat-urat wajah, suara, perut hingga kaki pun kadang menendang-nendang. Berbagai aktivitas yang disebabkan karena tertawa juga menyebabkan keluarnya hormon endhorphins dari dalam tubuh kita. Hormon endhorphins dipercaya mampu mengurangi rasa sakit

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika mulai sekarang kita meluangkan untuk menyaksikan film lucu atau menaruh perhatian pada sekeliling kita dengan cara pandang yang baru. Mencoba lebih santai, berpikir positif dan mencari sisi komedi dalam berbagai kemungkinan, dari segala hal yang kita alami.

Masih ragu-ragu untuk mencoba? Pilih salah satu tips yang ingin Anda coba dan lakukan sekarang juga!


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini