Tetap Fit Saat Cuaca Panas

09 August 2015


Cuaca yang panas dan terik dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda akan mudah terserang penyakit. Banyak bahaya kesehatan yang mengintai Anda saat musim kemarau seperti saat ini, sehingga menjaga tubuh tetap fit saat musim kemarau adalah suatu keharusan. Anda dapat melakukan hal berikut untuk tetap fit saat cuaca sedang panas. 

1. Hindari Dehidrasi 
Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan lebih rajin minum air putih. Anda bisa membawa botol air di tas Anda, sehingga kemanapun Anda pergi, tidak akan lupa untuk minum air putih. Minimal air yang Anda harus minum adalah sekitar 2 liter per harinya. 

2. Perbanyak Buah dan Sayur 
Konsumsilah buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, tomat, atau selada untuk variasi. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus maupun smoothies. 

3. Batasi Konsumsi Kafein 
Kafein merupakan diuretik ringan. Sifat diuretik ini membuat Anda sering buang air kecil. Semakin sering Anda buang air kecil, maka semakin pula Anda kehilangan cairan tubuh. Selain pada kopi, kafein juga ditemukan pada softdrink, coklat, minuman energi, dan minuman beralkohol. 

4. Olahraga

Olahraga adalah cara mudah untuk jauh-jauh dari penyakit. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke setiap organ tunggal tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Jangan lupa perbanyak minum air setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang

5. Tidur Cukup 
Setelah melakukan 4 hal diatas, pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup, minimal 8 jam sehari dan kurangi tidur larut malam. Kualitas tidur yang baik dapat membantu mendorong regenerasi sel-sel tubuh dan jaringan. Tubuh pun lebih sehat dan siap beraktivitas 

Jika sudah membaca 5 tips diatas, Yuk kita sama-sama menerapkan pola hidup sehat di cuaca yang panas ini. Karena bagaimanapun, lebih baik mencegah daripada mengobati. Setuju?


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini