Tidur Berkualitas, Membuat Kerja Jadi Maksimal

16 April 2015

Tidur yang berkualitas saat ini menjadi sesuatu yang sangat didambakan terutama bagi para pekerja keras. Sedikitnya waktu untuk tidur, ditambah lagi dengan adanya beban pikiran akibat adanya sejumlah masalah, serta kecemasan dalam menghadapi hari esok, membuat orang kesulitan tidur di malam hari.

Bagaimanapun juga, tubuh kita butuh istirahat. Tubuh kita butuh waktu untuk memulihkan kondisinya. Kita tidak bisa memaksakan tubuh terus bekerja, apalagi dengan menggunakan obat-obatan yang membuat tubuh kita terus berjaga.

Manfaatkanlah waktu tidur yang ada sebaik-baiknya. Beberapa tips berikut ini bisa dicoba, agar tidur Anda lebih berkualitas.

1. Jadwalkan waktu tidur Anda

Seiring bertambahnya usia, bekerja hingga larut malam bukanlah pilihan yang bijaksana bagi kesehatan Anda. Mulailah membuat kebiasaan baru dengan memiliki jam tidur yang teratur. Dengan demikian, metabolisme tubuh pun akan lebih baik.

2. Kenali Kebiasaan Anda

Ada orang yang terbiasa mendengarkan musik sebelum tidur. Ada juga yang terbiasa membaca buku. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan itu selama satu jam atau setengah jam sebelum jam jadwal tidur Anda.

3. Jangan Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Tubuh Anda menginginkan istirahat. Oleh karena itu jangan memaksanya untuk bekerja pada jam seharusnya tubuh beristirahat. Perut yang penuh akan membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak.

4. Padamkan Lampu Saat Tidur

Ruangan yang gelap cenderung akan membuat seseorang lebih cepat tidur. Panca indera kita akan berhenti dirangsang oleh hal-hal yang ada di sekitar kita. Tidur pun jadi lebih nyenyak.

5. Teratur Berolahraga

Bagi sebagian orang, olahraga mungkin sesuatu yang sulit dilakukan mengingat terbatasnya waktu. Olahraga yang sederhana seperti berjalan kaki atau lari pagi, bisa menjadi 'hadiah' yang sederhana namun istimewa bagi tubuh Anda. Dengan teratur berolahraga, tidur pada malam hari pun jadi lebih berkualitas.

Tidur yang berkualitas membuat badan kita lebih sehat dan bangun pagi dengan mood yang baik. Kerja Anda pun akan menjadi lebih maksimal.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini