Tips Mencegah Gigi Kuning

12 February 2016
Tips Mencegah Gigi Kuning

Deretan gigi yang rapi dan putih akan membuat Anda tampil percaya diri. Namun, gigi bisa menjadi kusam dan berubah kuning seiring dengan faktor usia dan kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Anda perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah gigi berubah menjadi kuning.

1. Buat sendiri pemutih gigi

Anda bisa mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit air, lalu sikatkan pada gigi. Jika dilakukan rutin 2 kali dalam sebulan, cara ini bisa memutihkan gigi hingga 2 tingkat lebih cerah. Baking soda terkenal memiliki kemampuan untuk membersihkan noda, namun tidak merusak gigi.

2. Konsumsi buah dan sayur yang berserat

Buah-buahan yang berserat dan sayuran hijau berfungsi untuk pembersihan gigi secara alami. Anda bisa makan apel saat sedang bersantai. Mengunyah apel dengan kulitnya sekali sehari ternyata cukup membantu agar gigi tetap terlihat cerah. Kandungan serat tinggi pada apel, sumber asam alami, serta daging buah yang padat, membuat apel menjadi pembersih gigi alami.

3. Hindari kebiasaan yang dapat memperburuk gigi

Agar terhindar dari gigi kuning, Anda harus menghindari kebiasaan yang dapat menimbulkan perubahan warna pada gigi, seperti minum kopi, teh, minuman bersoda, merokok, minuman asam, obat-obatan tertentu, serta segala jenis makanan dengan warna yang kuat seperti kari ayam

4. Tingkatkan kebersihan rongga mulut

Salah satu cara menjaga kebersihan rongga mulut adalah dengan menghilangkan plak. Anda dapat menghilangkan plak pada permukaan gigi melalui penyikatan gigi yang tepat dan optimal. Teknik menyikat gigi yang paling mudah dilakukan, namun efektif membersihkan plak adalah dengan gerakan memutar membuat lingkaran yang besar pada permukaan gigi.

5. Bleaching

Jika dirasa warna kuning pada gigi sudah sangat menganggu, cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gigi kuning adalah dengan melakukan eksternal bleaching di tempat praktek dokter gigi atau disebut juga in-office bleaching.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini