Tips Mencegah Kanker Payudara

12 February 2016
Tips Mencegah kanker payudara

Kanker payudara merupakan momok menakutkan bagi banyak wanita. 75% kasus kanker payudara dialami perempuan berusia di atas 50 tahun. Namun, sisanya menunjukkan kalau perempuan muda sekalipun juga bisa mengalaminya. Kabar baiknya, penyakit ini bisa dicegah sejak dini. Anda bisa melakukan kebiasaan sederhana untuk mencegah kanker payudara. Diantaranya:

1. Aktif bergerak

Olahraga bisa menurunkan kadar estrogen yang berkaitan dengan penyakit kanker payudara. Lakukan aktivitas yang dapat memacu jantung, seperti aerobik selama 30 menit per hari, selama 5 hari dalam seminggu. Membuat tubuh selalu aktif berolahraga bisa membantu Anda untuk terhindar dari kanker payudara.

2. Konsumsi buah dan sayur

Masukkan sayur dan buah dalam menu harian Anda. Anda bisa konsumsi sayuran untuk perlindungan kanker payudara seperti brokoli, kubis, kembang kol, sawi, kangkung, bayam serta wortel, tomat, jeruk, berry dan ceri. Anda dapat mengkonsumsi sayuran mentah atau yang dimasak sebentar untuk manfaat yang maksimal.

3. Kurangi lemak

Maksimalkan asupan lemak omega-3, terutama yang berasal dari minyak ikan (salmon, tuna). Konsumsi juga minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, juga kacang-kacangan sebagai sumber lemak utama Anda. Makanan-makanan tersebut memiliki potensi sifat antikanker. Minyak zaitun misalnya, adalah sumber potensial dari polifenol antioksida dan kacang-kacangan mencukupi kebutuhan mineral pelindung kanker.

4. Batasi terapi hormon

Melakukan terapi hormon dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jika Anda berencana melakukan terapi hormon lakukan konsultasi dengan dokter dan batasi hingga tak lebih dari lima tahun.

5. Mendapat asupan vitamin D yang cukup

Menurut penelitian, pasien kanker payudara yang kekurangan vitamin D memiliki risiko 94 persen lebih besar sel kankernya cepat menyebar dibandingkan pasien yang mendapat asupan vitamin D yang cukup. Maka dari itu, cukupi kebutuhan vitamin D Anda dengan banyak berjemur di bawah sinar matahari pagi.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini