Tips Menjaga kesehatan di Musim Hujan

12 February 2016

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan


Pada akhir tahun iklim di Indonesia biasanya terasa dingin, hujan terkadang mengguyur terus menerus dari pagi hingga malam. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Ada beragam penyakit yang biasanya menyerang tubuh saat musim hujan, seperti flu, batuk, pilek, sesak nafas, masuk angin, penyakit kulit, hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim hujan. Lalu bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan? Berikut tipsnya;

1. Konsumsi vitamin

Perbedaan suhu dari musim kemarau ke musim hujan biasanya membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, saat itulah penyakit lebih rentan menyerang. Maka konsumsi vitamin akan sangat membantu menjaga kekebalan tubuh, terutama vitamin C. vitamin c dapat didapat dari kandungan buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, strawberry dan lainnya.

2. Pastikan untuk menjaga kebersihan

Saat musim hujan, kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang lebih tinggi. Untuk itu, pastikan anda menjaga kebersihan dengan cara selalu mencuci tangan setiap tiba di rumah, atau sebelum dan sesudah makan, dan setelah dari toilet.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Seringkali orang mengabaikan konsumsi air putih saat musim hujan, udara yang dingin menjadi alasan anda jarang haus. Namun faktanya baik musim kemarau atau musim dingin kebutuhan cairan tetap sama. Maka pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter per hari.

4. Perhatikan pola tidur

Ambillah waktu tidur secukupnya. Istirahat yang cukup dapat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Pastikan anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari.

5. Jaga asupan makanan

Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara dingin. Misalnya konsumsi sup, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan hangat lainnya.

Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini