Tips terhindar dari panas dalam

16 April 2015

Panas dalam tentunya bukanlah hal yang menyenangkan. Gejala yang dirasakan dapat mengganggu kenyamanan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari panas dalam:

Perhatikan Jam Makan, Menu Makanan dan juga Panas dan Dingin

Asupan makanan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Jam makan harus tepat dan teratur, terutama bagi Anda yang memiliki asam lambung, reaksi asam lambung dapat memicu panas dalam. Hindarilah menu makanan yang terlalu berlemak dan pedas karena membuat perut kita bekerja ekstra, perut yang bekerja terlalu keras akan menyebabkan luka atau iritasi. Begitu pula perhatikan makanan yang terlalu panas atau dingin, hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan manusia karena ia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.

Rokok dan Alkohol

Hindari rokok dan alkohol karena akan menimbulkan reaksi yang akan membuat tubuh kita bekerja lebih keras untuk menetralisir zat-zat yang masuk ke dalam.

Istirahat yang Cukup

Daya tahan tubuh memiliki batasan. Untuk itu jangan terlalu memforsir tubuh kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas berat, istirahatlah yang cukup untuk mengimbanginya. Berolahragalah secara rutin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Banyak Minum Air

Tubuh manusia membutuhkan jumlah air tertentu agar ia dapat meredakan panas tubuh. Sistem pencernaan yang bekerja terus menerus membutuhkan air untuk meredakan temperaturnya. Minumlah larutan penyegar agar lebih efektif menurunkan gejala panas dalam. Cap Kaki Tiga selalu menjadi andalan masyarakat Indonesia yang terbukti ampuh untuk meredakan panas dalam.


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini