You Are What You eat

16 April 2015

Sibuknya aktivitas keseharian serta ketidakmampuan memasak dengan baik seringkali jadi alasan buat banyak orang untuk makan makanan siap saji. Mulai dari makanan siap saji yang dijual restoran siap saji, membeli makanan beku atau makanan instan lainnya.

Padahal siapa bilang makanan sehat harus sulit ?

Hiang Marahimin, ahli kuliner, menyatakan yang terpenting dalam makanan adalah bahan. Ia merekomendasikan untuk menggunakan bahan-bahan yang organik. Karena non organik biasanya menggunakan zat tertentu dalam perawatan yang belum tentu baik untuk tubuh.

Selain bahan, maka langkah kedua yang tak kalah penting adalah menyangkut cara memasak. Ada yang cukup dikukus, ada yang cukup dengan dinikmati secara mentah. Mengenai makanan yang digoreng juga sebetulnya tidak masalah, asal dengan minyak yang baik dan tidak dalam porsi yang terlalu banyak dan sering.

Hiang marahimin berpendapat membatasi makanan memang baik, namun jika mengurangi kenikmatan dalam makan, juga tidak baik. "Biar bagaimana pun makan bukan sekedar untuk memasukan makanan ke dalam tubuh, tapi juga sebuah aktivitas yang punya nilai hiburan.Oleh karena itu variasi dan rasa juga penting " katanya.

Terakhir, yang mungkin sederhana dan sering kita anggap remeh, adalah soal mengunyah. Pastikan kita mengunyah dengan pelan dan menikmati makanan tersebut dalam setiap gigitan. Hal ini penting, bukan sekedar untuk kesopanan tapi juga untuk kesehatan.Karena dengan mengunyah dalam frekuensi yang pelan akan memaksimalkan setiap kandungan dalam makanan terurai dan dinikmati serta berguna buat tubuh. Selain itu, makan dengan cara cepat akan membuat udara ikut masuk dan mengganggu pencernaan.

Apa yang kita makan, mulai dari pemilihan bahan hingga bagaimana menikmatinya, menggambarkan siapa kita. Kalau kita mau sehat, maka pilihlah cara dan bahan yang sehat !


Seberapa inspiratif artikel ini?

Yuk berbagi artikel ini


Artikel terkini